Al-Khaṭṭābī Al-Bustī (page 3)

Guru dan Murid
Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī melakukan perjalanan yang panjang dalam mempelajari hadis dan memahami berbagai macam ilmu. Hal itu menjadikan beliau memiliki banyak guru. Beliau belajar kepada para imamyang ahli dalam suatu bidang ilmu pada masanya, seperti ilmu hadīth, fiqh, lughah, dan sebagainya.
Ilmu Fiqh
Beliau belajar ilmu fiqh dari dua gurunya yang menganut madzhab al-Imām al-Shāfī’. Kedua guru tersebut adalah
Abū Bakr al-Qaffāl al-Shāshī
Beliau bernama lengkap Muḥammad bin ‘Ali’ bin Ismā’il al-Qaffāl al-Shāshī al-Kabīr. Beliau menjadi salah satu imam pada masa hidupnya. Al-Qaffāl adalah seorang ahli ilmu fiqh, ilmu uṣul fiqh, ilmu bahasa, dan merupakan orang yang ‘alim di daerah Khurasan. al-Ḥākim mengatakan bahwa beliau adalah orang khurasan yang paling banyak melakuakan perjalanan dalam mempelajari hadis. Al-Subkī mengatakan bahwa al-Qaffāl adalah imam dalam bidang hadis, kalam, ilmu uṣul, imamnya ahli zuhud dan orang-orang yang wara’, serta imam dalam ilmu bahasa dan syair. Beliau belajar dari gurunya yang bernama Ibn Khuzaymah, Ibn Jarīr, Muḥammad al-Bāghandī. Sedangkan di antara ulama yang belajar kepadanya adalah Abū‘Abudllāh al-Ḥākim, Abū’Abd al-Raḥmān al-Sulamī Ibn Mandah. Melalui tangan beliaulah ajaran al-Imām al-Shāfi’ī tersebar di daerahnya. Beliau wafat pada 365 H.[1]
Ibn Abü Hurayrah
Beliau adalah al-Ḥasan bin al-Ḥusayn, Abū ‘Alī bin Abī Hurayrah, al-Baghdadī al-Qāḍī. Beliau adalah guru dalam madzhab syafi’i. Semua ahli ilmu fiqh di daerah Iraq dalam madzhab syafi’i berpegangan kepada beliau. Beliau belajar ilmu fiqh kepada gurunya yang bernama Ibn Surayj dan Abū Ishāq al-Marwazī. Karyabeliauadalahsebuahkitab yang mensyarahkitabMukhtaṣar al-Muzanī.Beliauwafat di Baghdad pada 345 H.[2]

Ilmu Hadis
Bidang hadis merupakan salah satu cabang keilmuan agama Islam yang dikuasai dengan baik dan sempurna oleh Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī. Semua itu tidak lepas dari peran guru-guru yang mengajarkan dengan baik kepadanya. Guru-guru Abū Sulaymān dalam bidang ilmu hadis adalah sebagai berikut
Ibn al-A’rabī (Guru Ḥadīth Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī di Makkah)
Nama lengkap beliau adalah Aḥmad bin Muḥammad bin Ziyād bin Bishr bin Dirham, Abū Sa’īd bin al-‘Arabī. Beliau adalah ahli sejarah, salah satu ulama hadis. Penilaian atas beliau adalah bahwasannya beliau seorang yang ḥafiẓ dan ṣadūq, shaykh al-Islām. Ibn al-A’rabiadalahahliBasrah. Beliau tinggal di Makkah dan menjadi guru di sana. Ibn al-A’rabī adalah seorang sufi yang zuhud, bersahabat dengan al-Junayd dan Abū Aḥmad al-Qalānisī. Beliau melakukan perjalanan kebanyak daerah, menyusun kitab dan Manāqib al-Ṣūfiyyah. Ibn al-A’rabī yang menjadi guru Abū Sulaymān dalam bidang hadis bukanlah Ibn al-A’rabī yang ahli dalam bahasa. Beliau wafat di Makkah pada Dzul Qa’dah 340 H.[3]
Ibn Dāsah (Guru Ḥadīth Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī di Baṣrah)
Nama lengkap beliau adalah Muḥammad bin Bakr bin Muḥammad bin ‘Abd al-Razāq, Abū Bakr Ibn Dāsah al-Buṣirī al-Tammār, seorang shaykh yang thiqah dan ‘alim.
Beliau meriwayatkan hadis dari Abū Dāwud al-Sijistānī, Abū Ja’far Muḥammad bin al-Ḥasan bin Yūnus al-Shīrazī, dan Ibrāhīm bin Fahd al-Sājī. Sedangkan di antara ulama yang meriwayatkan hadis dari beliau adalah Abū Sulaymān Ḥamd al-Khaṭṭābī, Abū Bakr bin al-Muqrī, ‘Abudllāh bin Muḥammad bin ‘Abd al-Mu’min al-Qurtūbī Shaykh Ibn ‘Abd al-Barri. Beliau adalah orang terakhir yang meriwayatkan sunan Abū Dāwud secara sempurna, dan orang yang terakhir meriwayatkan dengan ijazah dari beliau adalah al-Ḥāfiẓ Abū Nu’aym al-Aṣbahānī. Ibn Dāsah wafat pada 346 H.[4]
Abū al-‘Abbās al-Aṣam


Beliau bernama lengkap Muḥammad bin Ya’qūb bin Yūsuf bin Ma’qal bin Sinān al-Naysābūrī al-Aṣam. Beliau adalah putra dari ahli hadis yang bernama al-Ḥāfiẓ Abū al-Faḍl al-Warrāq.
Al-Aṣam adalah ahli hadis dari daerah Naysābūr dan di sana pula beliau wafat. Perjalan ilmiah beliau sangat luas dan mengambil hadis dari para perawi hadis (Rijāl al-Ḥadīth) di daerah Makkah, Mesir, Dimasqa, Mousil, Kufah dan Baghdad. Beliau mengalami tuli setalah kembali dari perjalanan itu, dan kerena itulah dibelakang nama beliau ditulis al-Aṣam. Menganai aspek kejujuran dan kebenaran pendengarannya (sima’i nya ) tidak diragukan lagi. Beliau meninggal pada 346 H.[5]
Abū Bakr al-Najjād
Beliau adalah Aḥmad bin Salmān bin al-Ḥasan bin Isrāīl al-Baghdādī al-Hanbalī. Beliau digelari al-Imām, al-Muḥaddith, al-Ḥāfiz, al-Faqīh, al-Muftī Shaykh al-‘Irāq, dan merupakan salah satu imam madzhab hanbali.
Beliau meriwayatkan hadis dari Abū Dāwud al-Sijistānī, al-Bāghandī, Abū Bakr bin Abī al-Dunyā al-Qurshi’. Sedangkan di antara ulama yang meriwayatkan hadis dari beliau adalah Abū Bakr al-Qaṭī’ī, al-Dāruquṭnī, Ibn Mandah, Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī, Abū ‘Abudllāh al-Ḥākim.
Beliau mencari hadis dengan cara berjalan tanpa alas kaki. Akhir hayatnya terjadi pada 348 H.[6]
Mukram bin Aḥmad al-Qāḍi
Beliau adalah Abū Bakr al-Baghdādī. Al-Bazzāz. Beliau meriwayatkan dari Yaḥya bin Tālib, Aḥmad bin ‘Abudllāh al-Nursī Aḥmad bin Yūsuf al-Taghlibī. Al-Khaṭṭīb mengatakan bahwa Mukram bin Aḥmad al-Qādḥi orangnya thiqah dan beliau meninggal pada 345 H.[7]
Al-Khuldī
Nama lengkapnya adalah Ja’far bin Muḥammad bin Naṣīr bin al-Qāsim, Abū Muḥammad al-Khawwāṣ al-Ma’rūf bi al-Khuldī, gurunya para sufi. Beliau meriwayatkan dari al-Ḥārith bin Abū Usāmah, Bishr bin Mūsa al-Asadī, ‘Alī bin ‘Abd al-‘Azīz al-Baghawī, ‘Umar bin Ḥafs al-Sadūsī. Sedangkan ulama yang meriwayatkan dari beliau adalah al-Ḥusayn bin al-Ḥasan al-Makhzūmī, ‘Alī bin AḤmad al-Razzāz. Al Khuldī adalah guru ilmu ḥadīth Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī di Baghdad.
Beliau adalah orang yang jujur, utama, banyak mendengar dan banyak bercerita. Akhir hayatnya terjadi pada 348 H.[8]
Ḥasan bin Ḥusayn
Beliau memiliki kunyah Abū ‘Alī bin Abū Hurayrah. Beliau menjadi gurunya para pengikut madzhab al-Imām al-Shāfi’ī di Baghdad. Ibn Khalkān mengatakan bahwa beliau belajar ilmu fiqh dari gurunya yang bernama Abū al-‘Abbās bin Surayj, Abū Ishāq al-Marwizī. Beliau wafat pada 345 H.
Abu ‘Umar bin al-Samāk
Beliau adalah ‘Uthmān bin Aḥmad al-Baghdādī, meriwayatkan dari al-Ḥasan bin Mukram,  Yahya bin Abī Ṭālib, Abū Qulābah al-Ruqāshī. Beberapa yang meriwayatkan darinya adalah al-Dāruquṭnī, Ibn Shāhīn, Ibn al-Mundhir al-Qāḍī. al-Khaṭṭīb menilai bahwa beliau orangnya thiqah thabat, dan demikian pula Ibn Kathīr. Beliau banyak mengarang kitab. Akhirhayatbeliauterjadipada 344 H.[9]
Ilmu Lughah
Abū Sulaymān juga terkenal sebagai ahli bahasa (Ahl Lughah). Berikut adalah guru beliau dalam bidang bahasa.
Ghulām Tha’lāb (Guru Ilmu Lughah Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī )
Murid dari Abū Sulaymān ini diberik kunyah dengan nama Abū ‘Amr al-Zāhid. Beliau bernama lengkap Muḥammad bin ‘Abd al-WāḤid bin Abī Hāshim al-Muṭarriz al-Bāwardī al-Baghdādī, dan beliau lebih sering dipanggil Ghulām Tha’lāb.
Beliau merupakan salah satu imam dalam bidang ilmu lughah dan beliau memiliki banyak karangan Sahabat beliau adalah Tha’laban al-Naḥwiy yang menjadi teman dekatnya pada masa yang bersamaan, hingga dijuluki Ghulām Tha’lab. Abu. ‘Amr al-Zāhid meninggal pada 345 H.[10]
Abū ‘Alī al-Ṣaffār
Beliau adalah Ismā’īl bin Muḥammad bin Ismā’īl bin Ṣāliḥ al-Baghdādī al-Ṣaffār. Seorang yang ahli dalam ilmu nahwu, ilmu lughah dan beliau memiliki sya’ir yang bagus. Beliau menjadi musnid-nya negeri Irak yang dinilai thiqah dan amanah. Abū ‘Alī bersahabat dengan Abū al-‘Abbās al-Mubarrid. Akhir hayat beliau terjadi pada 341 H.
Abū ‘Umar al-Zāhid
Nama ini disebut sebagai salah satu guru dari Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī.[11]
Sebagaimana banyaknya jumlah guru-guru Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī, banyak pula murid-murid dari kalangan ulama-ulama agung yang belajar kepada beliau. Mereka yang mengambil ilmu dari al-Khaṭṭābī di antaranya adalah
Al-Ḥākim al-Naysābūrī
Beliau bernama lengkap Muḥammad bin ‘Abudllāh bin Muḥammad bin Ḥamdawiyyah bin Nu’aym bin al-Ḥākim, Abū ‘Abdillah bin al-Bayyi’ al-Dhahabī al-Ṭahmāni al-Naysābūrī al-Shāfi’ī. Namun, beliau lebih dikenal dengan nama al-Ḥākim dan merupakan orang yang seumuran dengan al-Khaṭṭābī.
Al-Khaṭṭīb al-Baghdādī mengatakan bahwa beliau adalah ahli ilmu, berpengetahuan, dan ahli hafalan, yang memiliki banyak karangan dalam bidang ilmu hadis. Beliau juga merupakan salah satu dari orang yang paling mengerti mengenai hadis ṣahih dan perbedaannya dengan hadis d{a’īf. Salah satu kitab yang dikaranganya adalah Tārīkh Naysābūr dan al-Mustadrak ‘ala Ṣaḥīḥayn. Al-Ḥākim lahir di Naysābūr dan juga wafat di sanapada 405 H.[12]
‘Abd al-Ghaffār
Beliau adalah ‘Abd al-Ghaffār bin Muḥammad bin ‘Abd al-Ghāfir al-Fārisī al-Naysābūrī, Abū al-Ḥusayn. Tokoh hadis ini lahir pada 350 H.Cucu laki-lakinya yang bernama al-Ḥāfiẓ ‘Abd al-Ghāfir bin Ismā’īl bin ‘Abd al-Ghāfir mengatakan bahwa beliau adalah al-Shaykh, al-Jad, al-Thiqah, al-Amīn, al-Ṣāliḥ. Beliau mendengar hadis dari al-Khaṭṭābī dan meriwayatkan banyak hadis darinya, sebagaimana disebutkan oleh Ibn Khayr dan kitabnya. Cucu al-Khaṭṭābī ini meninggal pada 488 H.[13]
Abū Ḥāmid al-Isfarāyaynī
Beliau adalah Aḥmad bin Muḥammad bin Aḥmad, gurunya orang-orang Irak. Al-Khaṭṭīb mengatakan bahwa beliau tinggal di Baghdad dan sibuk dengan keilmuan sehingga menjadikan beliau sebagai orang yang tidak ada tandingannya pada masa itu. Hal itu, menjadikan beliau orang yang paling dihormati di daerah tersebut. Tidak hanya itu, beliau juga memiliki pangkat yang mulia dihadapan para raja dan orang awam. Andaikan seseorang melihat beliau, maka baunya al-Imām al-Shāfi’ī akan tercium darinya. Sedangkan al-Subkī mengatakan bahwa beliau adalah orang yang memelihara dan menjaga madzhab serta menjadi imam.Beliau adalah gunung keilmuan yang kuat, tinta umat yang mulia. Abū Ḥāmid al-Isfarāyaynī lahir pada 344 H dan meninggal pada 410 H.[14]Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa beliau meninggal pada Syawwal tahun 406 H.[15]
Abū ‘Amr al-Ruzjāhī
Beliau memiliki nama lengkap Muḥammad bin ‘Abudllāh bin Aḥmad al-Busṭāmī. Abū ‘Amr adalah ahli hadis, sastrawan, ahli fiqhnya madzhab syafi’i, dan pemuka pemberi fatwa. Kata al-Ruzjāhī adalah nisbat kepada sebuah desa yang bernama Ruzjāh di Busṭām.  Beliau wafat pada 427 H.[16]
Abū Dhar al-Harawī
Beliau adalah ‘Abd bin Aḥmad bin Muḥammad bin ‘Abudllāh al-Anṣārī al-Khurāsānī al-Harawī al-Mālikī, yang dikenal dengan nama Ibn al-Samāk. Meninggal di Makkah pada 434 H.
Termasuk orang-orang yang menjadi murid Abbū Sulaymān al-Khaṭṭābī adalah Abū ‘Ubayd Aḥmad bin Muḥammad al-Harawī pengarang kita al-Gharībīn, Abū Mas’ūd al-Ḥusayn bin Muḥammad al-Karābīsī, Abū Naṣr Muḥammad bin Aḥmad al-Balkhī al-Ghaznawī, ‘Alī bin al-Ḥasan al-Sijzī al-Faqīh, Muḥammad bin ‘Alī bin ‘Abd al-Malik al-Fārisī al-Fasawī, Abū al-Qāsim ‘Abd al-Wahhāb bin Abī Sahl al-Khaṭṭābī.[17]

[1]Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah (Beirut: Dār Ibn Kathīr, 1990), h. 14
[2] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 14
[3] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 15
[4] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 16-17
[5] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 17
[6] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 17-18
[7] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb al-Ḥadīth, Jilid I, h. 10
[8] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb al-Ḥadīth, Jilid I, h. 11
[9] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb al-Ḥadīth, Jilid I, h. 12
[10] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 18-19
[11] Al-Imām al-Ḥāfiẓ al-Shaykh Jalāl al-Dīn  ‘Abd al-Raḥman bin Abī Bakr al-Suyūṭī, Tabaqah al-Ḥuffāẓ  (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Iilmiyyah, 1983) 404 
[12] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 19
[13] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 20
[14] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb al-Ḥadīth, Jilid I, h. 14
[15] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 20
[16] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 21
[17] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 21

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Iklan Murah Meriah

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Designed by Templatezy