Guru dan Murid
Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī
melakukan perjalanan yang panjang dalam mempelajari hadis dan memahami berbagai
macam ilmu. Hal itu menjadikan beliau memiliki banyak guru. Beliau belajar
kepada para imamyang ahli dalam suatu bidang ilmu pada masanya, seperti ilmu
hadīth, fiqh, lughah, dan sebagainya.
Ilmu
Fiqh
Beliau belajar ilmu fiqh
dari dua gurunya yang menganut madzhab al-Imām al-Shāfī’. Kedua guru tersebut
adalah
Abū Bakr al-Qaffāl
al-Shāshī
Beliau bernama lengkap
Muḥammad bin ‘Ali’ bin Ismā’il al-Qaffāl al-Shāshī al-Kabīr. Beliau menjadi
salah satu imam pada masa hidupnya. Al-Qaffāl adalah seorang ahli ilmu fiqh,
ilmu uṣul fiqh, ilmu bahasa, dan merupakan orang yang ‘alim di daerah Khurasan.
al-Ḥākim mengatakan bahwa beliau adalah orang khurasan yang paling banyak
melakuakan perjalanan dalam mempelajari hadis. Al-Subkī mengatakan bahwa
al-Qaffāl adalah imam dalam bidang hadis, kalam, ilmu uṣul, imamnya ahli zuhud
dan orang-orang yang wara’, serta imam dalam ilmu bahasa dan syair. Beliau belajar
dari gurunya yang bernama Ibn Khuzaymah, Ibn Jarīr, Muḥammad al-Bāghandī.
Sedangkan di antara ulama yang belajar kepadanya adalah Abū‘Abudllāh al-Ḥākim,
Abū’Abd al-Raḥmān al-Sulamī Ibn Mandah. Melalui tangan beliaulah ajaran al-Imām
al-Shāfi’ī tersebar di daerahnya. Beliau wafat pada 365 H.[1]
Ibn Abü Hurayrah
Beliau adalah al-Ḥasan bin
al-Ḥusayn, Abū ‘Alī bin Abī Hurayrah, al-Baghdadī al-Qāḍī. Beliau adalah guru
dalam madzhab syafi’i. Semua ahli ilmu fiqh di daerah Iraq dalam madzhab
syafi’i berpegangan kepada beliau. Beliau belajar ilmu fiqh kepada gurunya yang
bernama Ibn Surayj dan Abū Ishāq al-Marwazī. Karyabeliauadalahsebuahkitab yang
mensyarahkitabMukhtaṣar al-Muzanī.Beliauwafat di Baghdad pada 345 H.[2]
Ilmu
Hadis
Bidang hadis merupakan
salah satu cabang keilmuan agama Islam yang dikuasai dengan baik dan sempurna
oleh Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī. Semua itu tidak lepas dari peran guru-guru yang
mengajarkan dengan baik kepadanya. Guru-guru Abū Sulaymān dalam bidang ilmu
hadis adalah sebagai berikut
Ibn al-A’rabī (Guru Ḥadīth
Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī di Makkah)
Nama lengkap beliau adalah
Aḥmad bin Muḥammad bin Ziyād bin Bishr bin Dirham, Abū Sa’īd bin al-‘Arabī.
Beliau adalah ahli sejarah, salah satu ulama hadis. Penilaian atas beliau
adalah bahwasannya beliau seorang yang ḥafiẓ dan ṣadūq, shaykh al-Islām. Ibn al-A’rabiadalahahliBasrah. Beliau tinggal di Makkah
dan menjadi guru di sana. Ibn al-A’rabī adalah seorang sufi yang zuhud,
bersahabat dengan al-Junayd dan Abū Aḥmad al-Qalānisī. Beliau melakukan
perjalanan kebanyak daerah, menyusun kitab dan Manāqib al-Ṣūfiyyah. Ibn
al-A’rabī yang menjadi guru Abū Sulaymān dalam bidang hadis bukanlah Ibn
al-A’rabī yang ahli dalam bahasa. Beliau wafat di Makkah pada Dzul Qa’dah 340
H.[3]
Ibn Dāsah (Guru Ḥadīth Abū
Sulaymān al-Khaṭṭābī di Baṣrah)
Nama lengkap beliau adalah
Muḥammad bin Bakr bin Muḥammad bin ‘Abd al-Razāq, Abū Bakr Ibn Dāsah al-Buṣirī
al-Tammār, seorang shaykh yang thiqah dan ‘alim.
Beliau meriwayatkan hadis
dari Abū Dāwud al-Sijistānī, Abū Ja’far Muḥammad bin al-Ḥasan bin Yūnus
al-Shīrazī, dan Ibrāhīm bin Fahd al-Sājī. Sedangkan di antara ulama yang
meriwayatkan hadis dari beliau adalah Abū Sulaymān Ḥamd al-Khaṭṭābī, Abū Bakr
bin al-Muqrī, ‘Abudllāh bin Muḥammad bin ‘Abd al-Mu’min al-Qurtūbī Shaykh Ibn
‘Abd al-Barri. Beliau adalah orang terakhir yang meriwayatkan sunan Abū Dāwud
secara sempurna, dan orang yang terakhir meriwayatkan dengan ijazah dari beliau
adalah al-Ḥāfiẓ Abū Nu’aym al-Aṣbahānī. Ibn Dāsah wafat pada 346 H.[4]
Abū al-‘Abbās al-Aṣam
Beliau bernama lengkap
Muḥammad bin Ya’qūb bin Yūsuf bin Ma’qal bin Sinān al-Naysābūrī al-Aṣam. Beliau
adalah putra dari ahli hadis yang bernama al-Ḥāfiẓ Abū al-Faḍl al-Warrāq.
Al-Aṣam adalah ahli hadis
dari daerah Naysābūr dan di sana pula beliau wafat. Perjalan ilmiah beliau
sangat luas dan mengambil hadis dari para perawi hadis (Rijāl al-Ḥadīth)
di daerah Makkah, Mesir, Dimasqa, Mousil, Kufah dan Baghdad. Beliau mengalami
tuli setalah kembali dari perjalanan itu, dan kerena itulah dibelakang nama
beliau ditulis al-Aṣam. Menganai aspek kejujuran dan kebenaran pendengarannya
(sima’i nya ) tidak diragukan lagi. Beliau meninggal pada 346 H.[5]
Abū Bakr al-Najjād
Beliau adalah Aḥmad bin
Salmān bin al-Ḥasan bin Isrāīl al-Baghdādī al-Hanbalī. Beliau digelari al-Imām,
al-Muḥaddith, al-Ḥāfiz, al-Faqīh, al-Muftī Shaykh al-‘Irāq, dan merupakan salah
satu imam madzhab hanbali.
Beliau meriwayatkan hadis
dari Abū Dāwud al-Sijistānī, al-Bāghandī, Abū Bakr bin Abī al-Dunyā al-Qurshi’.
Sedangkan di antara ulama yang meriwayatkan hadis dari beliau adalah Abū Bakr
al-Qaṭī’ī, al-Dāruquṭnī, Ibn Mandah, Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī, Abū ‘Abudllāh
al-Ḥākim.
Mukram bin Aḥmad al-Qāḍi
Beliau adalah Abū Bakr
al-Baghdādī. Al-Bazzāz. Beliau meriwayatkan dari Yaḥya bin Tālib, Aḥmad bin
‘Abudllāh al-Nursī Aḥmad bin Yūsuf al-Taghlibī. Al-Khaṭṭīb mengatakan bahwa
Mukram bin Aḥmad al-Qādḥi orangnya thiqah dan beliau meninggal pada 345 H.[7]
Al-Khuldī
Nama lengkapnya adalah
Ja’far bin Muḥammad bin Naṣīr bin al-Qāsim, Abū Muḥammad al-Khawwāṣ al-Ma’rūf
bi al-Khuldī, gurunya para sufi. Beliau meriwayatkan dari al-Ḥārith bin Abū
Usāmah, Bishr bin Mūsa al-Asadī, ‘Alī bin ‘Abd al-‘Azīz al-Baghawī, ‘Umar bin Ḥafs
al-Sadūsī. Sedangkan ulama yang meriwayatkan dari beliau adalah al-Ḥusayn bin
al-Ḥasan al-Makhzūmī, ‘Alī bin AḤmad al-Razzāz. Al Khuldī adalah guru ilmu
ḥadīth Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī di Baghdad.
Beliau adalah orang yang
jujur, utama, banyak mendengar dan banyak bercerita. Akhir hayatnya terjadi
pada 348 H.[8]
Ḥasan bin Ḥusayn
Beliau memiliki kunyah Abū
‘Alī bin Abū Hurayrah. Beliau menjadi gurunya para pengikut madzhab al-Imām
al-Shāfi’ī di Baghdad. Ibn Khalkān mengatakan bahwa beliau belajar ilmu fiqh dari
gurunya yang bernama Abū al-‘Abbās bin Surayj, Abū Ishāq al-Marwizī. Beliau
wafat pada 345 H.
Abu ‘Umar bin al-Samāk
Beliau adalah ‘Uthmān bin
Aḥmad al-Baghdādī, meriwayatkan dari al-Ḥasan bin Mukram, Yahya bin Abī Ṭālib, Abū Qulābah al-Ruqāshī.
Beberapa yang meriwayatkan darinya adalah al-Dāruquṭnī, Ibn Shāhīn, Ibn
al-Mundhir al-Qāḍī. al-Khaṭṭīb menilai bahwa beliau orangnya thiqah thabat, dan
demikian pula Ibn Kathīr. Beliau banyak mengarang kitab.
Akhirhayatbeliauterjadipada 344 H.[9]
Ilmu
Lughah
Abū Sulaymān juga terkenal sebagai ahli bahasa
(Ahl Lughah). Berikut adalah guru beliau dalam bidang bahasa.
Ghulām Tha’lāb (Guru Ilmu
Lughah Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī )
Murid dari Abū Sulaymān
ini diberik kunyah dengan nama Abū ‘Amr al-Zāhid. Beliau bernama lengkap
Muḥammad bin ‘Abd al-WāḤid bin Abī Hāshim al-Muṭarriz al-Bāwardī al-Baghdādī,
dan beliau lebih sering dipanggil Ghulām Tha’lāb.
Beliau merupakan salah
satu imam dalam bidang ilmu lughah dan beliau memiliki banyak karangan Sahabat
beliau adalah Tha’laban al-Naḥwiy yang menjadi teman dekatnya pada masa yang
bersamaan, hingga dijuluki Ghulām Tha’lab. Abu. ‘Amr al-Zāhid meninggal pada
345 H.[10]
Abū ‘Alī al-Ṣaffār
Beliau adalah Ismā’īl bin
Muḥammad bin Ismā’īl bin Ṣāliḥ al-Baghdādī al-Ṣaffār. Seorang yang ahli dalam
ilmu nahwu, ilmu lughah dan beliau memiliki sya’ir yang bagus. Beliau menjadi
musnid-nya negeri Irak yang dinilai thiqah dan amanah. Abū ‘Alī bersahabat
dengan Abū al-‘Abbās al-Mubarrid. Akhir hayat beliau terjadi pada 341 H.
Abū ‘Umar al-Zāhid
Sebagaimana banyaknya
jumlah guru-guru Abū Sulaymān al-Khaṭṭābī, banyak pula murid-murid dari
kalangan ulama-ulama agung yang belajar kepada beliau. Mereka yang mengambil
ilmu dari al-Khaṭṭābī di antaranya adalah
Al-Ḥākim al-Naysābūrī
Beliau bernama lengkap
Muḥammad bin ‘Abudllāh bin Muḥammad bin Ḥamdawiyyah bin Nu’aym bin al-Ḥākim,
Abū ‘Abdillah bin al-Bayyi’ al-Dhahabī al-Ṭahmāni al-Naysābūrī al-Shāfi’ī.
Namun, beliau lebih dikenal dengan nama al-Ḥākim dan merupakan orang yang
seumuran dengan al-Khaṭṭābī.
Al-Khaṭṭīb al-Baghdādī
mengatakan bahwa beliau adalah ahli ilmu, berpengetahuan, dan ahli hafalan,
yang memiliki banyak karangan dalam bidang ilmu hadis. Beliau juga merupakan
salah satu dari orang yang paling mengerti mengenai hadis ṣahih dan
perbedaannya dengan hadis d{a’īf. Salah satu kitab yang dikaranganya adalah Tārīkh
Naysābūr dan al-Mustadrak ‘ala Ṣaḥīḥayn. Al-Ḥākim lahir di Naysābūr
dan juga wafat di sanapada 405 H.[12]
‘Abd al-Ghaffār
Beliau adalah ‘Abd
al-Ghaffār bin Muḥammad bin ‘Abd al-Ghāfir al-Fārisī al-Naysābūrī, Abū
al-Ḥusayn. Tokoh hadis ini lahir pada 350 H.Cucu laki-lakinya yang bernama
al-Ḥāfiẓ ‘Abd al-Ghāfir bin Ismā’īl bin ‘Abd al-Ghāfir mengatakan bahwa beliau
adalah al-Shaykh, al-Jad, al-Thiqah, al-Amīn, al-Ṣāliḥ. Beliau mendengar hadis
dari al-Khaṭṭābī dan meriwayatkan banyak hadis darinya, sebagaimana disebutkan
oleh Ibn Khayr dan kitabnya. Cucu al-Khaṭṭābī ini meninggal pada 488 H.[13]
Abū Ḥāmid al-Isfarāyaynī
Beliau adalah Aḥmad bin
Muḥammad bin Aḥmad, gurunya orang-orang Irak. Al-Khaṭṭīb mengatakan bahwa
beliau tinggal di Baghdad dan sibuk dengan keilmuan sehingga menjadikan beliau
sebagai orang yang tidak ada tandingannya pada masa itu. Hal itu, menjadikan beliau
orang yang paling dihormati di daerah tersebut. Tidak hanya itu, beliau juga
memiliki pangkat yang mulia dihadapan para raja dan orang awam. Andaikan
seseorang melihat beliau, maka baunya al-Imām al-Shāfi’ī akan tercium darinya.
Sedangkan al-Subkī mengatakan bahwa beliau adalah orang yang memelihara dan
menjaga madzhab serta menjadi imam.Beliau adalah gunung keilmuan yang kuat,
tinta umat yang mulia. Abū Ḥāmid al-Isfarāyaynī lahir pada 344 H dan meninggal
pada 410 H.[14]Ada pendapat lain yang
mengatakan bahwa beliau meninggal pada Syawwal tahun 406 H.[15]
Abū ‘Amr al-Ruzjāhī
Beliau memiliki nama
lengkap Muḥammad bin ‘Abudllāh bin Aḥmad al-Busṭāmī. Abū ‘Amr adalah ahli
hadis, sastrawan, ahli fiqhnya madzhab syafi’i, dan pemuka pemberi fatwa. Kata
al-Ruzjāhī adalah nisbat kepada sebuah desa yang bernama Ruzjāh di Busṭām. Beliau wafat pada 427 H.[16]
Abū Dhar al-Harawī
Beliau adalah ‘Abd bin
Aḥmad bin Muḥammad bin ‘Abudllāh al-Anṣārī al-Khurāsānī al-Harawī al-Mālikī,
yang dikenal dengan nama Ibn al-Samāk. Meninggal di Makkah pada 434 H.
Termasuk orang-orang yang menjadi murid Abbū
Sulaymān al-Khaṭṭābī adalah Abū ‘Ubayd Aḥmad bin Muḥammad al-Harawī pengarang
kita al-Gharībīn, Abū Mas’ūd al-Ḥusayn bin Muḥammad al-Karābīsī, Abū
Naṣr Muḥammad bin Aḥmad al-Balkhī al-Ghaznawī, ‘Alī bin al-Ḥasan al-Sijzī
al-Faqīh, Muḥammad bin ‘Alī bin ‘Abd al-Malik al-Fārisī al-Fasawī, Abū al-Qāsim
‘Abd al-Wahhāb bin Abī Sahl al-Khaṭṭābī.[17]
[1]Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah (Beirut: Dār
Ibn Kathīr, 1990), h. 14
[2] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 14
[3] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 15
[4] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 16-17
[5] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 17
[6] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 17-18
[7] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb
al-Ḥadīth, Jilid I, h. 10
[8] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb
al-Ḥadīth, Jilid I, h. 11
[9] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb
al-Ḥadīth, Jilid I, h. 12
[10] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 18-19
[11] Al-Imām al-Ḥāfiẓ al-Shaykh Jalāl al-Dīn
‘Abd al-Raḥman bin Abī Bakr al-Suyūṭī, Tabaqah al-Ḥuffāẓ (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Iilmiyyah,
1983) 404
[12] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 19
[13] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 20
[14] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad bin Ibrāhīm al-Khaṭṭābī, Gharīb
al-Ḥadīth, Jilid I, h. 14
[15] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 20
[16] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 21
[17] Abū Sulaymān Ḥamd bin Muḥammad al-Khaṭṭābī, al-‘Uzlah, h. 21
0 komentar:
Posting Komentar